Cari Tulisan

Rabu, 15 Agustus 2007

Internet Browser

Jika anda membaca blog ini, berarti anda telah menggunakan "Internet Browser." Dan mungkin anda adalah bagian dari sekian banyak orang yang menggunakan Internet Explorer (IE). Namun sudah puaskah anda menggunakan IE? Sudah merasa amankah anda? Sudah tahukah anda bahwa ada Internet Browser lain selain IE?
IE memang lazim dipakai. Karena IE merupakan standard tool yang ada di MS Windows. Dan kita tahu bahwa MS Windows dipakai oleh sebagian besar orang di bumi ini. Memang kemunculan IE pertama kali yang gratis, telah membuat orang berpaling dari Netscape (saat itu Netscape masih harus dibeli). Namun apakah benar IE adalah browser terbaik saat ini...?
Menurut pengalaman saya, IE kalah cepat dengan Netscape dalam hal membuka sebuah web. Terlebih jika web tersebut rumit dan banyak banner, maka anda akan lebih merasakan perbedaannya. Dan karena Netscape sekarang sudah GRATIS maka tidak salah dong kalau kita kembali ke selera awal...? Namun cukupkah dengan Netscape...? Netscape dibuat dengan menggunakan engine mozilla. Engine yang berbeda dengan engine IE. Maka tentu memang ada perbedaan diantara keduanya. Dan karena Netscape menggunakan engine mozilla maka kenapa kita tidak menggunakan browser dari mozilla aja...? Browser itu adalah firefox.
Kenapa Firefox...? Seperti halnya Netscape, firefox lebih cepat membuka web dibandingkan IE. Dan firefox juga memiliki fasilitas tab-brosing, sebuah fasilitas yang sekarang juga telah digunakan di IE terbaru. Namun tab firefox dan netscape lebih elegan. Tidak seperti IE yang karena tab-nya merupakan add-ons dari yahoo, sehingga banyak button yahoo yang cukup menggangu, khususnya bagi anda yang telah jatuh cinta dengan google dan gmail. Namun apa kelebihan firefox dibanding Netscape? Pertama firefox lebih ringan. Hal ini karena Netscape telah disertai dengan add-ons yang menurut Netscape "bermanfaat." Namun jika anda menginginkan sesuatu yang lebih dibandingkan firefox standard, maka anda wajib menginstall add-ons. Dan perlu diketahui, add-ons firefox beribu-ribu banyaknya. Namun tentu ada beberapa add-ons yang populer. Seperti add-ons "Ads Block Plus", yang mengeblok iklan- iklan yang berjubel di banyak web saat ini. Anda akan merasakan manfaatnya saat anda membuka detik.com misalnya. Selain itu ada No-Script, add-ons ini sangat bagus untuk mengeblock script yang membuat loading anda lambat. Anda bisa merasakannya juga saat mengunjungi detik.com. Dengan add-ons ini anda bisa copy paste content di detik. Ada juga "DownThemAll", add-ons untuk download manager. Ada "FireFTP" untuk conent ke FTP site. Ada "Split Browser" untuk melihat lebih dari 1 tab secara bersamaan. Ada "Kodak EasyShare" add-ons untuk share photo on-line. Dan masih banyak lagi. Fasilitas satu ini yang membuat saya pribadi merasa firefox tak tergantikan. Namun bagaimana jika kita browsing di warnet yang tidak ada firefox? Jangan khawatir, karena ada firefox portable. Anda tinggal simpan di flash disk, dan anda bisa menggunakannya di manapun.
Disamping browser-browser tadi, masih ada browser lain seperti Opera. Opera memiliki kemampuan membuka web yang hampir sama cepat dengan firefox, dan terkadang lebih cepat dibandingkan firefox standard. Namun karena Opera free ada banner dan ketersediaan add-ons yang minim, maka saya kira firefox lebih unggul dibandingkan opera.
Selain itu baru-baru ini apple telah merilis "safari for windows", walaupun sampai tulisan ini di buat safari masih dalam versi beta. Saya tidak menyangkal bahwa safari lebih cepat dibandingkan firefox. Dan mungkin safari adalah ancaman bagi firefox, khusunya untuk diri saya sendiri. Saya memang telah melirik safari. Namun safari masih memiliki kekurangan, yakni masih banyak web yang tidak bisa dibuka dengan safari, misalnya detik.com. Dan safari belum memiliki fasilitas add-ons, sehingga fiturnya tentu masih kalah dibandingkan firefox. Satu hal kelebihan safari dibanding firefox (saat ini) adalah private browsing. Namun sebentar lagi firefox akan merilis versi 3 yang telah bisa private browsing ini.
Sekian dan semoga membuka wawasan kita.

Tidak ada komentar: