Cari Tulisan

Kamis, 16 Agustus 2007

Lebih dalam tentang komputer

Kebanyakan dari kita menganggap komputer adalah sebuah mesin yang serba bisa. Namun tahukah anda apa yang sebenarnya terjadi di dalam "black box" yang kita sebut komputer itu saat dia mengerjakan sesuatu yang kita minta....?

Komputer lazimnya terdiri atas CPU, keyboard, mouse dan monitor. Terkadang juga ada printer dan speaker. Bagian yang terpenting (dan sejatinya komputer itu sendiri) adalah CPU. Keyboard, mouse, monitor, speaker dan printer hanyalah alat komunikasi dia dengan penggunanya, semacam pena bagi kita.

Nah mari kita belah lagi CPU ini dan kita lihat bagian-bagiannya. Kalau CPU ini diibaratkan tubuh, maka di dalam tubuh ada rangka, dan rangka dalam CPU adalah "main board". Di main board ini tertancap processor, RAM, ROM, PCI interface, VGA / VGA card, sound card/ chip sound, dan I/O lain semisal untuk keyboard, mouse, RS232, USB dan printer port. Di dalam tubuh ada sistem pembangkit energi, yang kalo di CPU ada power supply.

Yang paling utama dari segala yang ada di main board tersebut adalah processor. Dia lah sang pemikir. Dialah otak dari komputer itu sendiri. Dan tentu sang otak perlu tempat untuk menyimpan kenangan/ memory, dan itu adalah RAM dan ROM. Dan sang otak perlu syaraf2 untuk berinteraksi dengan panca indera, dan itu adalah PCI, VGA, Sound card/chip, dan I/O chip untuk port USB, keyboard, mouse dll.

Saat pertama dinyalakan processor membaca memori di alamat 00. Dan memory tersebut adanya di ROM. Di ROM tersebut tersimpan program BIOS. Program dasar yang mendeteksi kondisi dari semua "jerohan" dia yakni Processor itu sendiri, dan peripheral lain seperti PCI, RAM, dll. Setelah hasil pemeriksaan "jerohan" ini menunjukkan hasil yang bagus, lalu BIOS mengarahkan pembacaan processor ke alamat HDD atau CD atau Disk Drive sesuai setting di BIOS tadi, biasanya normalnya ke HDD.

Jika, dalam hal pengalamatan, komputer ini adalah kota, maka pheripheral tadi ibaratnya adalah komplek perumahan. Tentu dalam komplek tadi ada alamat lagi misalkan jalan semangka no 2B. Demikian juga dengan HDD, di dalamnya ada alamat lagi yang dimulai dengan 00 juga. Dan disitu terletak yang dinamakan MBR(Master Boot Record) HDD. Di sana tersimpan informasi partisi dan alamat mana yang digunakan untuk booting. Nah maka selanjutnya arah pembacaan processor adalah ke alamat booting tadi, semisal C:\.

Selanjutnya arah berpikir dari processor ini dituntun oleh OS (Operating System) contohnya Windows. OS inilah yang menjadi interpreter antara bahasa yang kita pahami dengan bahasa yang dipahami oleh processor.

Berkat OS ini kita bisa menulis, memutar music, mencetak photo dan bahkan berselancar di internet.

Jadi sampai di sini kita sudah berkenalan dengan komputer lebih dalam. Yang dalam hal piranti keras (hardware) kita tahu bahwa komputer punya CPU, monitor, keyboard, mouse, speaker dan printer. Di dalam CPU ada power supply dan main board. Di main board ada processor, ROM, RAM, VGA, PCI dll. Dalam hal piranti lunak (Software) kita tahu bahwa komputer memiliki BIOS dan OS. Dan berkat OS ini kita bisa menulis, mencetak, memutar musik dll dengan mudah. Tentu saja ada software2 lain untuk mempermudah kerja kita seperti office, autoCAD, firefox dll.

Untuk tahu lebih dalam tentang OS, akan disampaikan di tulisan lain, insya Allah.

1 komentar:

MK mengatakan...

lebih dalam tentang komputer menarik, hanya saja sepertinya tidak lengkap seperti cara mengatasi kerusakan komputer dan aplikasi-aplikasinya.thanks