Cari Tulisan

Jumat, 14 September 2007

Open House (PC), part 2

Software ke-2 untuk ketahanan komputer yang aku punya setelah Anti Virus adalah AntiSpyware. Untuk yang satu ini aku menggunakan Comodo BOClean. Kenapa BOClean?
Pertama, AntiSpyware ini memiliki fasilitas real time system monitoring. Sehingga spyware akan segera diketahui sejak awal dia menyerang komputer kita. Dia selalu men-scan semua running proses, sehingga jika ada proses yang mengandung sesuatu yang mencurigakan dia akan memberikan tindakan.
Kedua, BOClean memiliki fasilitas auto updater, disamping fasilitas manual updater. Sehingga data base dari antispyware ini akan selalu terupdate. Seperti yang kita tahu, seperti halnya virus, spyware juga berkembang dari waktu ke waktu. Setiap saat akan ada varian spyware baru dengan trik dan teknik penyerangan yang berbeda. Sehingga diperlukan database yang terupdate dari waktu ke waktu.
Kenapa harus ada database dan tidak dengan mencegah semua proses yang biasa digunakan oleh spyware (ataupun virus)? Untuk beberapa teknik penyerangan memang diblok langsung. Namun banyak dari spyware (dan virus) menggunakan teknik penyerangan sama (atau mirip) dengan teknik yang digunkan oleh tools standard dari OS. Jadi tidak bisa pukul rata bahwa teknik tertentu pastilah spyware/virus. Oleh karenanya database itu penting dan lebih penting lagi untuk selalu terudate. Terlebih bagi anda selalu/ sering koneksi ke jaringan atau internet.
Ketiga, terkait dengan teknik yang digunakan oleh spyware terkadang sama dengan software- software tertentu, maka BOClean memiliki fasilitas program excluder. Sehingga dengan fasilitas ini kita melewatkan program-program tertentu yang mungkin menggunakan trik yang sama dengan digunakan oleh spyware. Namun anda harus yakin benar bahwa program tersebut aman sebelum mendaftarkannya di fasilitas ini.
Keempat, BOClean memiliki antar muka yang sederhana dan mudah dipahami. Menu-menu penting seperti configure, update, covered malware, program excluder langsung ada di antar muka utama. Window configure pun terlihat mudah dengan pilihan-pilihan yang diuraikan dengan singkat namun mudah dipahami.
Kelima, dan mungkin ini adalah bagian yang anda sukai, yaitu Spyware ini gratis alias free. Anda bisa mendownloadnya langsung dan instal ke komputer anda tanpa harus mengeluarkan uang. Enak kan....
Jadi tidak ada salahnya kan kalau anda mencobanya. Program bisa anda download di
http://www.comodo.com/boclean/CBO_download.html
......

Tidak ada komentar: