Cari Tulisan

Kamis, 20 September 2007

Open House (PC), Part 4

Software selanjutnya yang aku miliki adalah Internet Browser tentunya. Karena tanpanya aku tak kan bisa membuat blog ini (puitis banget sih....).
Internet browser apa yang aku pilih....? Jawabnya tentu saja Firefox (v.2.0.0.7). Kenapa firefox...?
Ada banyak alasan kenapa aku memilih firefox.
Pertama, kecepatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa Firefox memiliki kecepatan akses web yang lebih bagus dari IE. Ya... karena memang mereka menggunakan engine yang berbeda. Dan denga cara yang berbeda dalam membuka sebuah web, maka kita pun akan mendapatkan kinerja dan koneksi yang lebih aman (alasan kedua).
Kedua, keamanan. Keamana dalam menjelajah internet tentu saja menjadi perhatian dari kita. Dan dengan cara buka web yang dilakukan oleh Firefox , maka keamanan lebih terjamin. Dan jika anda ingin meningkatkan keamanan lagi, Firefox memiliki fasilitas tambahan (add-on) yang bisa diinstall.
Ketiga, tab browser. Memang IE pun kini telah mendukung fasilitas ini. Namun Firefox lebih dulu memperkenalkannya. Dan bahkan dengan add-on tertentu kita bisa mempercantiknya lho. Dengan tab browser kita tak perlu membuka banyak window untuk mengakses beberapa web secara bersamaan.
Keempat, add-on. Firefox memiliki dukungan add-on yang bejibun alias buanyak banget. Dengan add-on anda bisa meningkatkan keamanan akses, mempercantik tampilan, bahkan menambahkan fasilitas baru. Berikut ini adalah add-on yang saya install.
AdBlockPlus (ABP)
, add-on ini akan mem-block advertising yang ada di web yang kita kunjungi. Anda bisa merasakannya saan mengunjungi web seperti www.detik.com.
NoScript, dengan add-on ini kita bisa memblok atau mengijinkan script yang ada di web yang kita kunjungi. Script yang ada di web bisa berupa proteksi konten atau fishing, yang berguna dan yang membahayakan. Karenanya dengan add-on saya merasa lebih aman dan nyaman. Manfaat dari add-on ini misalkan saya jadi bisa lho copy and paste content dari detik.com.
FireFTP
, add-on untuk koneksi ke ftp server. Jadi dengan add-on ini saya tidak perlu lagi menginstall FTP client software, dan tidak perlu membuka banyak window saat browsing dan akses ftp secara bersamaan.
DownThemAll!, add-on ini merupakan download manager. Lebih dari download manager bawaan firefox, download manager ini selayaknya download manager lain seperti FDM atau FDM. Anda bisa pause atau resume download. Bisa melanjutkan download kemarin yang belum selesai dll. Jadi tak perlu install download manager lagi kan....?
FlashGot, add-on yang mengintegrasikan firefox dengan download manager luar. Dalam kasusku adalah FDM. Aku menggunakannya karena memang DownThemAll relatif baru release shg terkadang ada link tertentu yang tdk bisa ditangani oleh DownThemAll. Dan kalau memang anda telah jatuh cinta dengan download manager anda sebelumnya, maka FlashGot adalah pilihan yang amat tepat.
VideoDownloader, add-on untuk download video dari web. Dengan add-on ini kita bisa download video yang kita jumpai di web termasuk flash video.
PDFDownload, add-on untuk file PDF. Dengan add-on ini kita diberikan pilihan saat mengunjungi link file pdf. Apakah file tadi mau kita simpan, buka dengan pdf reader luar, atau buka dengan firefox sendiri menggunakan plug-in.
KodakEasyGalleryCompanion, add-on untuk memudahkan akses account kita di kodak easy gallery, yakni tempat share photo gratis di internet.
FireUploader, add-on untuk memudahkan akses account di penyedia layanan sharing photo gratis seperti Flickr, Picasa atau Youtube. Jadi kita tak perlu buka webnya unutk upload atau download photo dari account kita.
FirefoxGoogleBookmark, seperti namanya, add-on ini untuk mengakses secara cepat bookmark kita di google bookmark, jasa penyimpanan bookmark secara online.
HtmlValidator, add-on untuk validasi html. Karena aku suka membuat web site, maka aku perlu add-on ini untuk memvalidasi kode html dari web yang akau buat sebelum aku upload ke webhost. add-on ini menggunakan engine W3C lho.
IP2Location Geolocation Lookup, add-on untuk mengetahui lokasi dari IP. Anda tinggal klik kanan di link tertentu dan menggunakan add-on ini untuk mengetahui lokasinya.
SplitBrowser, add-on untuk tab browser. Dengan add-on ini kita bisa membuka sekaligus lebih dari satu tab, baik secara vertical ataupun horisontal split.
ViamaticfoXpose, add-on untuk menampilkan semua tab yang ada secara thumbnail.
LOOPforFirefox, add-on untuk convert dan combine file ke PFD secara on-line menggunakan jasa LOOP website.
CacheViewer, dari namanya tentu anda sudah tahu kan...?
myFireFox, add-on theme yang membuat firefox tampil selayaknya IE di WindowsVista.
Netstripe, add-on theme yang membuat tampilan firefox seperti netscape 8.
Nah diatas tadi adalah add-on yang aku punya untuk memperkaya firefoxku, yang membuatnya tak tergantikan bahkan oleh opera maupun safari.
Alasan kelima aku pilih Firefox adalah terdapat google seach yang terintegrasi. Sehingga kita tidak perlu mengunjungi web google terlebih dahulu untuk mencari sesuatu. Selain google, anda juga bisa mnggunakan Yahoo, amazon dan yang lain di fasilitas ini. Anda tinggal pilih saja mau mencari pakai google, yahoo, amazon atau yang lain.
Keenam, in-line search (pinjam dari istilah safari). Anda pernah mencari kata tertentu di web yang anda buka bukan...? Nah dengan fasilitas ini, pencarian langsung muncul mulai dari huruf pertama anda ketik.

Nah... ternyata banyak banget ya.. keunggulan Firefox. Terlebih dengan add-on nya yang banyak dan power full.







Tidak ada komentar: