Cari Tulisan

Jumat, 28 September 2007

Open House (PC), Part 6

Kawan, pernah nggak anda merasakan komputer anda semakin hari semakin lambat. Bahkan kita bisa ngopi dulu saat menunggu komputer membuka sebuah dokumen.... Lama-lama bisa item tuh kebanyakan ngopi....:)
Ada apakah gerangan kok bisa begitu....?
Tapi hal itu wajar aja, lha wong motor aja makin lama makin lambat larinya. Tapi kalau penurunan kinerjanya itu mencolok... ya... pasti ada apa-apanya ini....
Beberapa hal yang bisa membuat komputer kita lambat adalah
1. Intensitas aktifitas membuat, memindah dan menghapus data. Hal ini terkait dengan media penyimpanan yang bernama HDD. Saat menyimpan sebuat data ke HDD tidak ubahnya kita menyimpan buku perpustakaan. Saat menghapus sebuah data, selayaknya mengambil sebuah buku dari rak. Maka akan membuat sebuah sela kosong bukan....? Semakin sering kita menghapus, semakin banyak sela kosong. Nah saat kita menyimpan data di HDD lagi, maka data tersebut disimpan di sela kosong tersebut. Jika data lebih besar dari sela kosong, maka data tersebut dipecah dan disimpan di sela kosong selanjutnya. Jadi semakin sering menghapus dan membuat data baru, semakin banyak data yang terpecah-pecah. Hal ini semakin membuat lambat komputer saat membuka data tersebut.
2. Intensitas install software dan uninstall software. Sepertihalnya data, semakin sering install dan uninstall software, maka semakin banyak file dari software trsebut terpecah-pecah. Dan bukan hanya itu saja. Selain kelambatan akibat penyebab ini ada pada akses HDD (sebagai media penyimpanan file), kelambatan juga terjadi akibat kotornya sistem registry. Windows memiliki sistem registry yang mencatat semua software yang kita install dan yang pernah kita install. Registry semacam sebuah daftar isi. Semakin sering kita install software maka semakin panjang daftar isi tersebut. Dan saat kita uninstall software, tidak semua daftar isi yang menyangkut software tersebut dihapus. Nah.... jadi makin lama, tuh registry makin panjang lho... dan makin kotor tentunya. Dan hal ini merupakan penyumbang atas semakin lambatnya komputer kita.
Nah.. utntuk mengatasi hal tersebut maka secara berkala kita semestinya membersihkan registry dan menata ulang HDD kita. Untuk mengerjakan itu saya memiliki CCleaner. Software gratis yang berguna untuk membersihkan registry dan juga jejak-jejak kita, seperti jejak browsing dan juga sampah-sampah seperti file tmp atau bak.
Dan untuk urusan menata ulang HDD aku menggunakanAuslogicDiskDefrag. Ya.... hampir sama dengan defragment-nya windows, cuma lebih powerfull dan lebih cepat. Kalau defragment kan ada file-file yang tidak bisa di defrag. Nah kalau Auslogic ini lebih hebat lho.

.....

Nah... itu tadi, dua lagi, software yang aku punya di kompiku. Jika anda mencari software semacam itu, tidak salah kalau anda mencoba software2 tadi. Kalu mau... tinggal googling aja... gampang kan....?

Tidak ada komentar: