Cari Tulisan

Kamis, 20 September 2007

Open House (PC), Part 3

Selain Antivirus dan AntiSpyware, masih ada software lain untuk memperkokoh pertahanan kompiku, yaitu firewall.
Firewall diperlukan untuk meminimalisir serangan yang berasal dari jaringan internal (LAN). Firewall akan menyembunyikan kita dari kompi di jaringan, sehingga seolah-olah kompi kita tidak ada di jaringan tersebut.
Untuk firewall aku menggunakan Comodo Firewall Pro. Bagi anda pengguna WinXP atau Vista, mungkin anda merasa telah mempunyai firewall yakni windows firewall, bawaan dari windows. Namun dengan Comodo Firewall Pro kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari windows firewall.
Comodo Firewall Pro memiliki 3 level keamanan, yakni "Allow All", "Custom" dan "Block All". Pemindahan dari satu level ke level lain dapat dengan mudah dilakukan dengan klik kanan pada icon Comodo Firewall Pro yang terdapat di tray icon (biasanya ada di pojok kanan bawah), yang kemudian akan muncul pop-up menu. Jadi kita tidak perlu membuka window dari Comodo Firewall Pro.
Jika suatu saat anda ingin orang lain di jaringan dapat mengakses kompi anda, maka anda tinggal memilih level "Allow All". Dan jika suatu saat anda ingin agar kompi anda benar-benar tidak terlihat di jaringan, maka anda tinggal pilih level "Block All". Dan tentu saja untuk operasional sehari-hari anda akan lebih merasa nyaman dengan level "Custom".
Dalam level "Custom" kita bisa menentukan kompi mana yang bisa melihat kita. Bahkan kita bisa setting agar kita bisa melihat kompi di jaringan, namun kompi-kompi tersebut tidak bisa melihat kita. Dengan cara kita memilih IP mana dan "direction"-nya mau In, Out, In/Out dan Block. Setting ini bisa dilakukan di Network Monitor tab.
Selain Network Monitor tab, terdapat juga Application Monitor dan Component Monitor. Dengan Application monitor kita bisa setting application mana saja yang diijinkan untuk koneksi ke IP mana dan port apa serta protocol apa. Namun anda tidak perlu repot-repot untuk memasukkan satu demi satu program yang anda miliki. Setiap "program baru" anda running untuk pertama kali, Comodo Firewall Pro langsung menanyakan ke anda bahwa program tersebut diijinkan untuk melakukan sesuatu ataukan tidak. Dan jika anda ingin meng-editnya dilain waktu anda tinggal masuk ke tab Application Monitor ini.
Componen Monitor sama dengan Application monitor, namun untuk component-componen dasar yang biasanya berupa file .dll.
Disamping itu kita juga memonitor aktivitas apa saja yang sedang berlangsung yang berkaitan dengan jaringan. Program apa saja yang sedang mengakses jaringan lengkap dengan IP asal dan port, IP tujuan dan port, serta bite in dan bite out.
Jadi keleluasaan dan keamanan benar-benar di tangan anda.

Tidak ada komentar: