Cari Tulisan

Jumat, 28 September 2007

Open House (PC), Part 5

Seperti juga anda (mungkin), aku bekerja di sebuah perusahaan yang mejual barang dan jasa. Suatu ketika aku ingin mendownload brosur produk dari web principle. Memang aku tinggal masuk ke web tersebut, dan download satu per satu brosur-nya. Namun, produknya ada ratusan brur. Bisa kesumutan juga musti klik ratusan link. Wah aku musti cari pemecahannya biar kerjaan ringan nih..... Akhirnya aku temukan web copier bernama WinHTTrack. Dan memang cukup handal.
Bukan hanya brosur yang aku dapatkan, namun aku jadinya bisa offline browsing. Memang perlu space HDD yang luas. Namun, karena format hasil copy web dalam html, aku tinggal burn ke CD aja.... Nggak perlu keahlian khusus kok untuk menggunakan HTTrack. Dan nggak perlu keahlian khusus juga untuk bisa menenteng web kemana-mana di CD.
Nah itu dia software yang juga nongkrong di Kompiku saat ini. Dan software ini gratis kok. Googling aja ya... untuk mendapatkannya.
.....
Software selanjutnya yang aku punya adalah Look@Lan. Software ini bisa menscan LAN alias jaringan kita. Dan melaporkan kompi yang ada dijaringan tersebut. Lengkap dengan ip dan nama komputernya.
Software ini biasa aku gunakan untuk cek keberadaan rekan kerja. Jika kompinya nyala berarti dia ada di kantor nih... Nah.... kalau kompinya mati, kemungkinan besar dia udah kabur alias pulang.
Selain itu aku juga biasa pakai untuk cek ip yang tidak terpakai. Untuk koneksi perangkat baru ke jaringan.

....
Kalau untuk e-mail client sih... aku masih pakai outlook. Habis daripada install software lain, sedangkan outlook udah ada ya... mendingan pakai outlook aja deh. Lagian nggak jelek-jelek amat kok.
Bagi yang nggak tahu e-mail client, yang aku maksud e-mail client adalah suatu software yang digunakan untuk membaca e-mail secara offline. Artinya software tersebut mendownload e-mail dari server ke kompi kita. Sehingga kita bisa membacanya secara offline (tidak konek internet). Memang masih ada software e-mail client lain semacam eudora atau thunderbird. Namun karena kemampunannya hampir sama ya... pakai yang udah ada aja. Biar hemat space...:)

....
Sementara itu dulu ya... kita sambung di tulisan selanjutnya...


.....

Tidak ada komentar: